Pengertian
Usability
Usability
berasal dari kata usable yang berarti dapat digunakan dengan baik. Usability
sendiri lebih tepat dikatagorikan sebagai paradigma dari sebuah aplikasi (baik
dari sisi perangkat lunak maupun perangkat keras) yang menggambarkan tingkat
kenyamanan pemakaiaan dari sisi pengguna. Definisi dari usability sendiri
menurut ISO (inter nasional Standart Organization) adalah efektivitas,
efisiensi dan kepuasan dengan yang satu set tertentu pengguna dapat mencapai
satu set tugas tertentu di lingkungan tertent
Prinsip
Usability
Pengertian
Prinsip Usability pada mata kuliah interaksi manusia dan komputer adalah suatu
masalah optimasi penggunaan sistem yang digunakan oleh pengguna. Sistem akan
bekerja dengan baik apabila dipergunakan secara maksimal oleh pengguna sehingga
semua kemampuan sistem dapat termanfaat secara maksimal.
Apa
hubungannya prinsip usability dengan Interaksi Manusia & Komputer ? Akan
kita bahas dibawah ini.
Prinsip
Usability terbagi atas :
1. Human Abilities
2. Human Capabilities
3. Memory
4. Process
5. Observations
6. Problem Solving
1.
Human Abilities
Human
Ability adalah merupakan suatu kemampuan manusia untuk melakukan sesuatu yang
dimilikinya. Human ability terbagi menjadi 2, yaitu :
Good
Ability
·
Kapasitas Long Term Memory (LTM) tidak terbatas
·
Durasi LTM tidak terbatas dan complex
·
Kemampuan memahami tinggi
·
Mekanisme konsentrasi powerful
· Pengenalan pola piker powerful
Bad
Ability
·
Kapasitas Short Term Memory (STM) terbatas
·
Durasi STM terbatas
·
Akses yang tidak dapat diandalkan pada STM
·
Proses yang cenderung salah
·
Proses yang lambat
2.
Human Capabilities
Human
Capabilities adalah kemampuan yg dimiliki oleh manusia namun lebih mengarah ke anggota Penginderaan
/ Panca indra (Mata, Telinga, Peraba) pada manusia itu sendiri. Setiap manusia
pasti mempunyai batas maksimal dalam melakukan penginderaan / sense. Human
Capabilities terbagi tiga :
a.Kemampuan
Mata/Vision
·
persepsi visual : ukuran &
jarak penglihatan
·
keterbatasan visual : kemampuan melihat
warna, kemampuan melihat teks (membaca)
·
ketajaman, pergerakan, dan sensitivitas
b.
Kemapuan Telinga / Hearing
·
mendengar pitch/frekuensi suara
·
mendengar loudnes/amplitudo suara
·
mendengar timbre/tipe suara
c.
Kemampuan Meraba / Touching
·
thermocpetor : respon suhu
·
nociceptor : tekanan keras
peraba
·
mechanoceptor : tekanan lembut
peraba
·
Proses yang cenderung salah
·
Proses yang lambat
3.
Memori
Memori
adalah suatu tempat atau wadah untuk menyimpan data atau informasi. Memori juga
dapat menyimpan pengetahuan faktual dan pengetahuan prosedural. Memori terbagi
tiga :
a.
Perceptual Buffer (Memori Sensor)
Memori
sensor bekerja sebagai buffer yang menampung masukan yang diterima
dari
panca indera manusia.
·
Terbatas kapasitasnya.
·
Informasi yang masuk melalui indera tidak semua dapat diproses.
b.
Short Term Memory ( Memori jangka pendek (STM))
Memori
jangka pendek atau disebut sebagai memori kerja mentimpan informasi yang
dibutuhkan dalam waktu yang singkat / sementara pada saat kita sedang melakukan
suatu pekerjaan.
-
Dapat diakses dengan cepat, namun berkurang secara cepat pula
-
Metode digunakan untuk mengukur kapasitas, yaitu berdasarkan :
1
Panjang suatu deret (sequence) yang dapat diingat secara terurut.
2
Kemampuan mengingat kembali item-item secara acak
c.
Long Term Memori (Memori Jangka Panjang (LTM))
Memori
jangka panjang merupakan sumber daya penyimpanan utama yang menyimpan informasi
faktual, pengetahuan berdasarkan eksperimen / pengalaman, aturan-aturan
prosedur tingkah laku, dan sebagainya atau bisa dikatakan menyimpan semu hal
yang kita ketahui. Kapasitasnya lebih besar, waktu akses yang lebih lambat,
serta proses hilangnya informasi lebih lambat.
Terdapat
dua jenis LTM :
a) Memori Episodik : menyimpan “data” kejadian atau pengalaman dam bentuk
seriamenurut waktu.
b)
Memori Semantik : menyimpan record-record fakta, konsep
keahliaan (skills) serta informasi lain
yang diperoleh selama hidup dengan terstruktur.
4.
Process
Proses
adalah keadaan ketika sebuah program sedang di eksekusi. Saat komputer
berjalan, terdapat banyak proses yang berjalan secara bersamaan. Sebuah proses
dibuat melalui system call create-process yang membentuk proses turunan ( child
process) yang dilakukan oleh proses induk ( parent process).
Proses
informasi pada manusia terdiri dari 3 sistem utama:
1) perseptual
·
menangani sensor dari luar
·
sebagai buffer untuk menampung masukan yang diterima dari indra manusia
·
diproses untuk di teruskan ke otak (memory)
2)
kognitif: memproses hubungan keduanya
3)
sistem motor: memngontrol aksi/respon (pergerakan, kecepatan, kekuatan)
5.
Observations
·
Orang lebih fokus untuk menyelesaikan masalah, tidak untuk belajar menggunakan suatu sistem secara efektif.
·
Orang menggunakan perbandingan jika tidak ada penyelesaian.
·
Orang lebih kepada heuristic daripada algorithmic
·
Lebih mencoba coba-coba daripada pemikiran matang
·
Orang lebih memilih sub-strategi untuk masalah yang tidak terlalu penting.
·
Orang belajar strategi lebih baik dengan latihan
6.Problem
Solving
Problem
Solving atau yang biasa kita kenal Penyelesaian masalah, penyelesaian masalah
pada IMK ini setelah penyimpanan di LTM, kemudian diaplikasikan. Penalaran
(Reasoning) adalah proses pengambilan
kesimpulan mengenai sesuatu atau hal baru dengan pengetahuan yang dimiliki oleh
manusia.[5].
·
Setelah penyimpanan di LTM, kemudian diaplikasikan
·
Penalaran (Reasoning) : proses pengambilan kesimpulan mengenai sesuatu atau hal baru dengan pengetahuan yang dimiliki
oleh manusia.
Reasoning
terdiri dari :
·
Deduktif
·
Menarik kesimpulan secara logika dari premis yang diberikan
·
Jika A, maka B
·
Sangat buruk untuk mengkonfirmasikan validitas dan kebenaran
·
Induktif
·
Men-generalisasi dari kasus sebelumnya untuk belajar tentang hal baru
·
Meskipun induksi mungkin tidak dapat diandalkan namun merupakan proses yang berguna
·
Induksi mengakibatkan manusia senantiasa belajar mengenai lingkungan
·
Abduktif
·
Penalaran dari sebuah fakta ke aksi atau kondisi yang mengakibatkan fakta tersebut
terjadi
·
Metode ini digunakan untuk menjelaskan event yang kita amati
·
Mungkin tidak dapat diandalkan, namun manusia seringkali menerangkan
sesuatu hal dengan cara seperti ini, dan
mempertahankan hingga ada bukti lainyang
mendukung penjelasan atau teori alternatif
Referensi
:
http://handinha.wordpress.com/2010/02/19/prinsip-usability-imk/
http://arifust.web.id/2010/02/18/prinsip-usability/
0 komentar:
Posting Komentar